Sunday, May 26, 2019

Monitoring Server Room : Temperature & Humidity Via Blynk

Temperature Sensor With NodeMCU

                    NodeMCU mengumpulkan suhu dan kelembaban dari sensor DHT11 dan mengirimkannya ke aplikasi Blynk setiap detik. Blynk Board dan NodeMCU digunakan dalam contoh ini.Sensor DHT11 adalah module sensor yang berfungsi untuk mensensing objek suhu dan kelembaban yang memiliki output tegangan analog yang dapat diolah lebih lanjut menggunakan mikrokontroler.Module sensor ini tergolong kedalam elemen resistif seperti perangkat pengukur suhu seperti contohnya yaitu NTC.
                   Kelebihan dari module sensor ini dibanding module sensor lainnya yaitu dari segi kualitas pembacaan data sensing yang lebih responsif yang memliki kecepatan dalam hal sensing objek suhu dan kelembaban, dan data yang terbaca tidak mudah terinterverensi.
Sensor DHT11 pada umumya memiliki fitur kalibrasi nilai pembacaan suhu dan kelembaban yang cukup akurat.
                 Penyimpanan data kalibrasi tersebut terdapat pada memori program OTP yang disebut juga dengan nama koefisien kalibrasi.
Sensor ini memiliki 4 kaki pin, dan terdapat juga sensor DHT11 dengan breakout PCB yang terdapat hanya memilik 3 kaki pin 

Bahan yang diperlukan yaitu antara lain :
  1. NodeMCU ESP8266
  2. Sensor suhu dan kelembaban DHT11 total 1 pcs
  3. Internet yang siap pakai
  4. Komputer dan arduino IDE

Langkah Kerja                    :
1. Membuka aplikasi Blynk pada smartphone.
2. Pilih new Project, isi judul sesuai dengan modul yang dipelajari.
3. Pilih device NodeMCU, pilih Create
4. Tambahkan 2 gauge pada lembar kerja
5. Setting gauge yang pertama dengan memilih input pin virtual v5 kemudian mengubah 1023 menjadi 100. Mengubah reading rate menjadi 1 sec. kemudian keluar ( setting ini tergantung dengannprogram yang ada di blynk example)
6. Setting gauge yang kedua dengan memilih input pin virtual v6 kemudian mengubah 1023 menjadi 100. Mengubah reading rate menjadi 1 sec. kemudian keluar ( setting ini tergantung dengann program yang ada di blynk example)





No comments:

Post a Comment

Kontrol LED Menggunakan NodeMCU

Pada praktikum kali ini akan dijelaskan mengenai cara mengkontrol LED menggunakan Blynk Example Browser yang dijalankan menggunakan modul ...